Apa Itu Hosting? Berikut inilah Penjelasannya

Apa Itu Hosting? Berikut inilah Penjelasannya

Istilah lain yang akan kamu temui di internet adalah hosting, Apa itu hosting? Hosting berkaitan erat dengan website dan domain. Jika kamu mempelajari domain dan website, kamu juga wajib mempelajari hosting dan kegunaannya bagi internet dan situs yang akan kamu cari.
Bagi kamu para permula yang baru mempelajari hal yang berkaitan dengan website, mari mempelajari mengenai hosting dan cara kerjanya.

Apa Itu Hosting

Jika dianalogikan sebagai bangunan, hosting adalah lahan tempat bangunan berdiri. Sedangkan bangunan rumahnya dapat dianggap sebagai sebuah website. Website dapat diisi dengan berbagai file yang berbentuk teks, gambar, dan file aplikasi. Website membutuhkan hosting untuk berdiri dan siap digunakan. Jadi penting sekali dalam memahami apa itu hosting.

Hosting dimiliki dengan menyewanya terlebih dahulu dari jasa provider atau penyedia hosting yang tersedia di internet. Beberapa penyedia hosting menawarkan hosting secara gratis dan ada pula yang berbayar. Jika kamu menggunakan hosting yang gratis, biasanya kamu akan dikenai beberapa syarat yang harus dilakukan. Namun jika kamu membeli hosting, website kamu lebih leluasa dan dapat diatur sesuka hati.

Hosting yang berbayar tersedia dalam beberapa kapasitas penyimpanan yang berbeda. Ada yang 300 MB, 500 MB hingga ratusan GB. Harganya tentu sebanding dengan besar penyimpanan hosting tersebut.

Fungsi Hosting

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai apa itu hosting, kamu juga harus mempelajari mengenai apa fungsi dari hosting. Ada dua fungsi penting dari hosting yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Tempat Menyimpan Data
Sebelumnya telah dijelaskan apa itu hosting dan gunanya dalam website. Hosting merupakan lahan tempat website berdiri, artinya hosting merupakan tempat menyimpan data dari website tersebut. Semakin besar ruang penyimpanannya maka semakin besar dan banyak pula data yang bisa diisi.

Karena itu kamu dapat memilih besaran kapasitas dari hosting sesuai dengan kebutuhan kamu di website. Website yang berisi banyak sekali media seperti gambar, animasi, dan video biasanya memiliki hosting yang besar dan tagihan yang besar pula.

2. Menjaga Agar Situs Dapat Diakses 24 Jam
Sebuah website harus memiliki hosting yang tepat yaitu yang servernya tidak mudah down. Hal ini agar setiap pengunjung yang ingin mengakses website tersebut dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Sehingga website dapat sering dikunjungi karena mudah diakses. Karena itu penting memilih hosting yang tepat agar mudah diakses pengunjung.

Beberapa hosting terkadang memiliki kekurangan, misalnya sering down dan membuat website tidak dapat diakses ketika banyak terjadi aktivitas atau banyak orang yang mengakses website tersebut. Karena itu, terutama bagi yang memiliki bisnis online, diharapkan untuk memilih hosting yang terpercaya yang dapat diakses 24 jam demi kelancaran calon pembeli produk atau jasa.

Kamu perlu mempertimbangan hosting yang berbayar karena umumnya hosting yang berbayar dengan kapasitas yang cukup besar tidak akan terganggu oleh aktivitas yang padat di website yang dilakukan pengunjung dan akan selalu lancar selama 24 jam. Kondisi prima dari website akan mempengaruhi kecepatan website yang kamu miliki sehingga dapat meningkatkan peringkat website anda di mata mesin pencari.

Setelah memahami pengertian hosting beserta fungsinya, kamu akan memahami lebih komprehensif mengenai kaitan hosting, domain dan website. Mungkin kamu juga dapat membuat website kamu sendiri dengan mempertimbangkan faktor hosting. Semoga artikel mengenai apa itu hosting dapat membantu kamu.

Tulisan ini dipublikasikan di Blogging. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *