Bagaimana Kehidupan Rumah Tangga Rasulullah

Rumah tangga Rasulullah sering dijadikan panutan bagi umat Islam yang ingin berumah tangga. Mengapa? Karena di dalam rumah tangga beliau hampir tidak pernah ada percecokan dan cenderung selalu harmonis. Meskipun istri Rasulullah lebih dari satu, tetapi tidak ada permasalahan yang timbul meskipun istri beliau yaitu Aisyah pernah merasa cemburu. Namun, sikap cemburu Aisyah tersebut bisa diluluhkan dengan sikap Rasulullah yang penyayang.

Tips Berumah Tangga ala Rasulullah

Jika ingin rumah tangga Anda selalu bahagia, harmonis dan adem ayem maka ikutilah tips berumah tangga ala Rasululluah. Beliau merupakan teladan yang baik bagi umatnya dan bagi siapa saja yang mengikutinya tidak ada salahnya. Berikut ini ada beberapa tips ala Nabi Muhammad yang bisa Anda praktekan terhadap pasangan Anda.

  1. Memanjakan istri yang sedang sakit

Sakit merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi siapa pun dan rumah tangga harmonis ala Rasulullah adalah memanjakan istrinya yang sedang sakit. Ketika Aisyah sedang sakit, beliau merawatnya sepanjang waktu dan memanjakannya seperti menyuapi makan. Memang bila diterapkan pada siapa saja pun pasti mental orang yang sakit terlebih pasangan Anda akan cepat pulih dan rasa ingin sembuh menjadi kuat.

  1. Mencium kening istri ketika akan pergi atau pun tiba di rumah

Rasulullah pasti melakukan hal ini, di setiap beliau akan pergi atau pun tiba di rumah maka selalu mencium kening istrinya. Hal itu jika Anda lakukan kepada pasangan maka hal semacam ini merupakan wujud dari kasih sayang suami kepada istrinya.

  1. Bercanda untuk membangun kemesraan

Di dalam rumah tangga, Rasulullah selalu membangun kemesraan dengan istrinya yaitu dengan bercanda dan bersenda gurau. Hal ini akan membuat istri maupun pasangan menjadi senang dan bahagia. Lelah yang dirasakan pun akan senantiasa sirna bila digunakan sering bercanda dan tertawa dengan pasangan setiap hari.

  1. Makan sepiring berdua dengan istri

Meskipun kedudukan suami lebih tinggi daripada istri, namun Rasulullah tidak sungkan bila makan sepiring berdua dengan istri. Beliau sendiri juga pernah minum dari gelas bekas istrinya, Aisyah. Anda pun juga bisa melakukan hal yang sama untuk mendapatkan keberkahan yaitu makan sepiring berdua dengan istri.

  1. Memberikan hadiah kepada istri

Rasulullah memang seorang suami yang romantis, beliau sering memberikan hadiah kepada istrinya dan yang sering diberikan adalah minyak kasturi. Anda pun juga bisa meniru gaya beliau yang sering memberikan hadiah kepada istri. Misalnya Anda bisa memberikan baju baru, sepatu atau pun hanya sekedar coklat atau jus buah.

  1. Suami menyuapi istri

Nabi Muhammad pun tak ragu untuk menyuapi istrinya saat makan. Ada sebuah hadist yang mengatakan jika seorang suami menyuapi istrinya itu termasuk dalam memberikannya nafkah dan suami akan mendapatkan pahala atas apa yang dilakukan. Maka Rasulullah sendiri tanpa ragu-ragu dan gengsi untuk selalu menyuapi istrinya meski tidak sedang sakit.

  1. Panggilan sayang kepada istri

Panggilan sayang seperti beb, honey, ayang atau lainnya bisa Anda gunakan untuk memanggil istri Anda. Rasulullah sendiri juga memiliki panggilan khusus pada istrinya Aisyah yaitu Humairah yang berarti pipi kemerah-merahan.

Ketujuh tips rumah tangga ala Rasulullah tersebut bisa Anda terapkan juga di dalam kehidupan rumah tangga Anda. Bila beliau sukses membina rumah tangganya menjadi harmonis dan jauh dari percecokan, maka tak ada salahnya jika Anda juga melakukan hal yang sama dilakukan oleh beliau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *