Bagaimana Tips Diet Secara Alami untuk Para Muslimah

Tidak salah jika dikatakan bahwa diet merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan meskipun kelihatannya mudah. Maka tidak heran jika banyak orang yang kerap gagal melakukan diet. Sebenarnya, dalam ajaran Islam, Rasulullah sudah memberikan beberapa anjuran tentang diet yang baik seperti apa. Nah, sebagai umat Islam khususnya para muslimah, maka sangat tepat jika Anda mengikuti berbagai tips diet secara alami untuk para muslimah. Pada dasarnya, diet yang baik tidak memberatkan sehingga tidak sulit bagi Anda untuk mengikutinya.

Tips Diet Alami tanpa Hoax

  1. Sarapan Madu dan Air

Mengawali hari dengan segelas air yang dicampur buah madu menjadi kebiasaan Rasulullah di masa hidupnya. Kebiasaan inilah yang merupakan kunci dari kesehatan Rasulullah yang selalu terjaga. Seperti yang tertera dalam salah satu hadist bahwa “barangsiapa yang memakan 7 butir kurma Ajwah di pagi hari, maka dia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu”. Rasulullah telah membuktikannya sendiri ketika beliau masih tetap sehat dan tidak teracuni meskipun ada seorang wanita Yahudi yang menaruh racun dalam makanan beliau. Zat-zat di dalam kurma merupakan zat yang sangat bermanfaat karena dapat menetralisir berbagai macam racun bahkan yang paling mematikan sekalipun.

Tidak hanya bermanfaat untuk menetralisir racun, namun kurma juga mengandung zat lain seperti gula dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Sehingga, meskipun Anda tidak mengkonsumsi nasi ataupun roti di pagi hari, tubuh Anda akan tetap fit dan bertenaga sepanjang hari. Dengan begitu, lemak di dalam tubuh Anda akan berkurang.

  1. Konsumsi Khol di Sore Hari

Kebiasaan Rasulullah SAW yang lain adalah mengkonsumsi Khol yakni sejenis minuman seperti cuka yang dicampur dengan kurma. Buah kurmanyalah yang membuat rasa minuman ini menjadi manis. Minuman ini sangat menyegarkan di siang hari dan sangat baik untuk pencernaan. Selain itu Rasulullah SAW juga mengkonsumsi sepotong roti gandum dan buah zaitun. Baik roti gandum dan buah zaitun mempunyai manfaat yang luar biasa diantaranya adalah untuk mencegah kepikunan, menghancurkan kolesterol, melancarkan sembelit, mencegah lemah tulang dan melancarkan pencernaan.

  1. Sayur untuk Makan Malam

Kebiasaan Rasulullah SAW sangat berbeda dengan kebiasaan yang berkembang pada masa sekarang. Pada jaman dahulu, Rasulullah memilih mengkonsumsi sayur-sayuran untuk makan malam dibandingkan makanan yang mengandung protein atau karbohidrat yang tinggi seperti daging atau roti gandum. Hal ini karena sayur mempunyai kandungan serat yang sangat penting bagi tubuh untuk melindungi dari berbagai penyakit dan menguatkan daya tahan tubuh. Bahkan, jumlah sayur-sayuran dan buah yang harus dikonsumsi setiap hari oleh manusia idealnya adalah 30% sedangkan jumlah protein hewani hanyalah 10%. Berbeda dengan manusia sekarang yang justru memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein.

  1. Kombinasi Makanan Panas dan Dingin

Tips yang terakhir adalah mengkombinasikan makanan panas dan dingin. Seperti halnya yang tertera dalam salah satu hadist bahwa satu makanan yang dingin akan memadamkan makanan yang panas. Sama halnya yang dilakukan oleh Rasulullah yang menyantap kurma bersamaan dengan mentimun. Hal ini penting untuk menjaga pencernaan sehingga tetap dapat berfungsi optimal.

Mempraktekkan berbagai tips tersebut tentu tidak lengkap tanpa mencontek kebiasaan Rasulullah yang lain bahwasanya jangan langsung tidur setelah makan sebab hal itu akan menjadikan hatimu keras. Sebaiknya, gunakan dzikir dan shalat sebagai penghancur makananmu. Meskipun hal ini cukup sulit dilakukan, namun Anda harus mulai melatihnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *