Mengenal Apa Itu Domain untuk Para Pemula

Mengenal Apa Itu Domain untuk Para Pemula

Apa itu domain? Mungkin istilah ini cukup familiar di telinga, namun kamu kurang memahaminya terutama bagi pemula yang mempelajari seluk beluk internet. Domain adalah hal yang penting pada sebuah website dan perlu kamu pahami saat awal sebelum memahami internet. Informasi dibawah ini akan menjelaskan mengenai pengertian domain, cara kerja dan serba-serbi tentang domain agar kamu memahaminya.

Apa Itu Domain?

Jika kamu masih awam di dunia website, kamu pasti akan mencari tahu, apa itu domain. Domain diasumsikan sebagai alamat yang terdiri atas dua elemen utama. Misalnya, nama domain dari Facebook.com terdiri dari nama website (Facebook) dan nama ekstensi domain (.com). domain di beli oleh perusahaan atau pribadi agar dapat menentukan server. Registrasi nama domain dikelola oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Setiap website terdiri atas dua elemen utama, yaitu nama domain dan web server.

1. Web server adalah berguna untuk penyimpanan file dan database suatu website dan menampilkannya kepada pengunjung situs saat website tersebut diakses.

2. Nama atau alamat yang diketik pengunjung situs di kolom pencarian agar situs untuk mengakses situs tersebut. Jika kamu tidak mengetahui domain dari sebuah website, orang-orang harus mengetikkan alamat IP server untuk mengakses situs tersebut. Tentu saja hal ini sangat merepotkan dan sulit sekali.

Dengan informasi di atas, kamu tentu sudah paham apa itu domain bukan? Selanjutnya, kita akan lebih memahaminya dengan menyimak cara kerja domain dengan benar.

Cara Kerja Domain

Setelah mengetahui apa itu domain, selanjutnya harus diketahui cara kerja domain. Nama domain dapat mengarahkan kamu ke server di website yang kamu cari. Tanpa nama domain, kamu harus memasukkan alamat IP yang panjang dan sulit diingat untuk mengakses website tersebut. Oleh karena itu, dengan mengetahui nama domain, kamu akan lebih mudah menelusuri sebuah website.

Contohnya google.com adalah nama domain. IP dari situs tersebut dimisalkan adalah 105.90.80.70. Alamat IP yang telah disebutkan tidak dapat digunakan untuk resolve website, maka server remote harus menggunakan port 80 dengan halaman default yang ada di dalam direktori aplikasi web. Tentu kamu akan merasa pusing dan harus mencari berbagai cara untuk membuka website dengan alamat IP dengan syarat-syarat tersebut.
Menyalahgunakan server default dan alamat IP jelas akan membuang-buang waktu. Karena itulah, alamat domain sangat penting untuk mencari sebuah website. Karena itu juga, rata-rata pemilik website menggunakan layanan provider dengan paket bundled, yaitu mendapatkan fasilitas gratis domain jika membeli paket web hosting minimal satu tahun.
Domain juga bisa memanfaatkan redirect yang memudahkan kamu untuk menentukan apakah dengan mengakses domain, para pengunjung dapat secara otomatis dialihkan ke situs lain. Metode ini sangat berguna untuk mengalihkan pengunjung situs kamu ke halaman landing dedicated di situs kamu.

Pengalihan atau redirect juga merupakan pilihan terbaik untuk menghindari kesalahan penulisan dari sebuah domain. Misalnya, kamu ingin membuka Facebook. Alih-alih mengetik alamat yang benar, kamu malah memasukkan www.fb.com. Karena ada bantuan dari redirect, kamu dapat dengan mudah dialihkan ke situs yang benar untuk menjangkau facebook , yakni www.facebook.com.

Sudah jelaskah kamu mengenai pengertian domain dan cara kerja domain? Kamu dapat mempelajari domain sebelum kamu mempelajari hal lain mengenai seluk beluk internet lebih jauh karena domain adalah bagian krusial yang harus kamu pahami sebelum kamu mencari sebuah situs. Itulah pembahasan mengenai apa itu domain, semoga bermanfaat bagi anda.

Tulisan ini dipublikasikan di Blogging. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *