Tips Memilih Pekerjaan untuk Muslimah

Di jaman yang sudah modern telah banyak wanita yang berkarir untuk  memenuhi kebutuhan hidup. Tidak bisa dipungkiri bahwa kini keadaan ekonomi semakin sulit, harga kebutuhan pokok semakin tinggi dan banyak PHK dimana-mana. Kondisi inilah yang menjadi ujian bagi kita dan tentunya harus di hadapi. Uang memang menjadi barang yang penting dan sangat dibutuhkan untuk apapun. Namun, tetap saja masih ada yang lebih penting dibanding uang yaitu taqwa dan ketaatan kepada Allah SWT. Hal ini berlaku untuk seluruh umat muslim tidak terkecuali kaum muslimah. Kaum muslimah yang akan menjadi ibu dan generasi penerus peradaban ini pun tidak boleh sembarang dalam memilih pekerjaan. Berikut dibawah ini tips memilih pekerjaan untuk muslimah.

Inilah 4 Tips Memilih Pekerjaan untuk Muslimah

Kebutuhan ekonomi yang mendesak memang menjadi alasan wanita untuk mencari pekerjaan diluar rumah. Bekerja diluar tentunya memiliki resiko yang mungkin saja dapat menurunkan tingkat keimanan kita kepada Allah SWT. Maka dari itu, kaum muslimah harus menanamkan aqidah yang kuat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT agar ketika kita bekerja diluar rumah senantiasa dilindungi oleh Allah SWT. Dalam memilih pekerjaan untuk seorang muslimah pun juga harus memperhatikan syariat islam.

  1. Carilah pekerjaan yang tidak menjauhkan diri dari Allah SWT

Carilah pekerjaan yang tidak menyuruh Anda untuk melepaskan jilbab. Tentunya wanita muslimah paham pentingnya menggunakan jilbab. Mencari nafkah memang menjadi suatu kepentingan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan hidup. Namun, percayalah bahwa rejeki tidak akan tertukar. Jadi, Anda jangan pernah mau melepas jilbab hanya untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika memang perusahaan tersebut tidak mengijinkan Anda menggunakan jilbab maka carilah yang lain. Masih banyak perusahaan yang mengijinkan karyawannya untuk mengenakan jilbab.

2. Carilah pekerjaan yang tetap bisa menjaga Aqidah

Manusia terkadang bisa kalap karena teriming-imingi oleh harta duniawi. Tidak heran bila banyak yang menggadaikan aqidahnya demi mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya. Mirisnya lagi banyak yang rela keluar dari agamanya demi pekerjaan. Pekerjaan yang seperti ini harus Anda hindari karena menjaga aqidah merupakan hal yang paling penting. Yakinlah kepada pertolongan Allah karena sesulit apapun masalah tentunya akan ada jalan keluarnya. Asalkan kita mau berusaha dan berdoa kepada Allah SWT.

3. Carilah pekerjaan yang minim mudhorotnya

Sebisa mungkin kita harus menghindari yang namanya mudhorot. Jangan pernah menganggap enteng hal tersebut karena hal yang halal sudah jelas dan hal yang haram pun juga sudah jelas. Bekerja di tempat yang ada mudhorotnya memang diperbolehkan asalkan kadarnya tidak tinggi dan tidak dominan. Contohnya adalah bekerja di Bank. Anda tetap diperbolehkan bekerja di bank asalkan berstatus syariah.

4. Carilah pekerjaan yang tidak menuntut pulang malam

Jangan pilih perusahaan yang kemungkinan akan menyuruh Anda untuk pulang bekerja pada malam hari. Di malam hari sangat rawan bagi wanita muslimah yang masih ada diluar rumah. Tidak sedikit kasus pelecehan seksual yang terjadi di kalangan wanita yang pulang bekerja pada malam hari.

Itulah 4 tips dalam mencari pekerjaan bagi wanita muslimah. Memang kini tidak ada larangan untuk wanita bekerja diluar rumah namun tetap Anda harus memilah mana pekerjaan yang baik untuk Anda dan tetap mengikuti ajaran agama islam. Menjaga keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT merupakan hal yang paling utama agar kita senantiasa diberi kelancaran rejeki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *