Tips Merawat Rambut untuk Muslimah Berhijab

Menjalankan kewajiban sebagai seorang muslimah dengan mengenakan hijab tentu merupakan hal yang sangat membahagiakan. Dapat menutupi aurat sesuai dengan perintah dalam ajaran agama Islam menjadi bukti tingkat keimanan seorang muslimah. Namun, cuaca tropis di Indonesia yang cenderung mudah membuat orang berkeringat memang kerapkali membuat muslimah berhijab harus ekstra hati-hati dan lebih telaten dalam merawat kesehatan rambutnya. Ketika rambut berada dalam keadaan tertutup selama beberapa jam sehari tentu seringkali membuat keringat terjebak di balik jilbab dan menimbulkan sejumlah permasalahan. Beberapa diantaranya adalah ketombe dan rambut rontok. Nah, menanggapi hal ini, tentu sangat penting bagi tiap muslimah termasuk Anda untuk mendapatkan perawatan rambut yang paling tepat.

Tips Merawat Rambut Muslimah Berhijab Sehari-Hari

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, berkilau dan tanpa adanya masalah tentu diperlukan sejumlah perawatan yang harus rutin dilakukan. Bukan berarti perawatan tersebut harus mahal. Bahkan perawatan natural dengan menggunakan bahan-bahan alami dapat memberikan hasil yang juga tidak kalah memuaskan.

  • Keramas Teratur

Satu hal yang kerap dilakukan oleh muslimah berhijab adalah keramas kurang teratur. Memang benar bahwa bagi muslimah berhijab, perhatian akan kesehatan rambut jauh berkurang karena mereka sudah tidak lagi pusing memikirkan bagaimana tampilan rambut mereka ketika berada di depan umum. Hal tersebut juga tentu pernah terjadi pada Anda. Nah, hal pertama yang paling penting adalah keramas teratur yakni 2 hari sekali. Dengan keramas secara teratur, kandungan minyak yang berada pada kulit rambut akan terjaga dalam kadar yang normal. Hal ini akan dapat mencegah rambut gatal dan ketombe. Dan rambut Anda akan terjaga kelembabannya.

  • Gunakan Hair Tonic

Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan yang paling sering terjadi pada wanita muslimah berhijab. Hal tersebut karena tingkat kelembaban yang semakin tinggi sehingga membuat rambut lebih rapuh. Nah, yang dibutuhkan adalah produk rambut untuk menguatkan akar rambut yang dikenal sebagai hair tonic. Hair tonic ini sangat cocok untuk muslimah berhijab yang punya masalah rambut rontok yang parah. Tentu cara mudahnya sangat mudah dengan menuang sedikit di telapak tangan atau langsung dituangkan di kulit kepala. Ratakan ke seluruh bagian kepala lalu biarkan meresap. Pastikan untuk menggunakan hair tonic setelah keramas.

  • Waspada akan Ketombe

Ketombe merupakan permasalahan yang kerap dialami oleh muslimah berhijab. Hal ini sangat wajar sebab rambut tertutup oleh hijab selama berjam-jam. Oleh karenanya, praktekkan perawatan untul ketombe. Misalnya dengan menggunakan shampoo anti ketombe yang cocok untuk rambut Anda. Hindari menggunakan shampoo yang menyebabkan ketombe di rambut Anda.

  • Creambath atau Hair Mask Teratur

Perawatan rambut selanjutnya adalah dengan mempraktekkan creambath atau hair mask secara teratur. Selain dapat mengembalikan nutrisi yang hilang, creambath juga merupakan salah satu upaya untuk membuat Anda merasa lebih rileks. Untuk menghemat biaya, Anda dapat membeli bahan creambath dan melakukannya sendiri di rumah.

  • Selalu Keringkan Rambut

Tidak jarang muslimah berhijab langsung menggunakan hijab meskipun rambut mereka masih basah setelah keramas. Kebiasaan ini sebenarnya sangat buruk dan harus dihindari. Kebiasaan ini membuat rambut Anda menjadi lebih rapuh dan mudah berketombe. Hal tepat yang harus dilakukan adalah mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer hingga kering sebelum mengenakan hijab.

Dengan mempraktekkan sejumlah perawatan sehari-hari yang sederhana tersebut, tidak akan sulit bagi Anda untuk tetap memiliki rambut sehat berkilau di balik hijab cantik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *